kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

[HOAKS] Sri Mulyani Diusir dari Rapat di DPR


Jumat, 14 April 2023 / 15:36 WIB
[HOAKS] Sri Mulyani Diusir dari Rapat di DPR
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani berada dalam mobil usai melakukan pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/9). ANTARA FOTO/Reno Esnir/pd/16.

Reporter: Kompas TV | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebuah konten di media sosial mengeklaim, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diusir dari rapat kerja di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Menurut narasi pada konten tersebut, anggota DPR mengatakan bahwa kehadiran Sri Mulyani di rapat tersebut tidak diperlukan.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, konten tersebut tidak benar atau hoaks. Narasi yang beredar Konten yang mengeklaim Sri Mulyani diusir dari rapat kerja DPR dibagikan di Facebook oleh akun ini pada Rabu (12/4/2023). 

Berikut narasi yang dibagikan: Detik Detik Sri Mulyani Diusir Dari Rapat Kerja Di DPR RI Bersama Pak Mahfud MD!!! Narasi itu disertai video berdurasi 5 menit 35 detik yang telah ditonton lebih dari 1.000 kali. 

Baca Juga: Bertemu Anggota G20, Sri Mulyani Ingatkan Ekonomi Global Alami Perlemahan Tahun Ini

Gambar thumbnail video menampilkan Sri Mulyani hendak memasuki sebuah mobil.  Setelah disimak hingga tuntas, video tersebut tidak memuat informasi tentang Sri Mulyani diusir dari rapat kerja di DPR RI. 

Video itu justru menampilkan momen mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum saat keluar dan dinyatakan bebas dari Lapas Sukamiskin pada 11 April 2023. 

Momen Anas bebas dari Lapas Sukamiskin diberitakan oleh sejumlah media, salah satunya, di video YouTube KompasTV.

Sementara itu, gambar thumbnail Sri Mulyani hendak memasuki sebuah mobil tidak berkaitan dengan pengusiran dari rapat DPR RI. 

Gambar itu adalah foto Sri Mulyani dijemput dengan mobil Alphard di apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

Baca Juga: Soal Viral Foto Alphard Masuk Apron Bandara, Anggota DPR: Sri Mulyani Lagi Apes Saja

Gambar identik ditemukan di artikel TVOnenews.com, 25 Maret 2023. 

Kesimpulan 

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, konten yang mengklaim Sri Mulyani diusir dari rapat DPR RI adalah hoaks. 

Video yang dibagikan tidak menampilkan momen Sri Mulyani diusir, tetapi saat Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin. 

Sementara, gambar thumbnail video dibagikan dengan konteks keliru. Gambar itu adalah foto Sri Mulyani saat dijemput dengan Alphard di area apron Bandara Soekarno-Hatta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "[HOAKS] Sri Mulyani Diusir dari Rapat di DPR", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/14/135700682/-hoaks-sri-mulyani-diusir-dari-rapat-di-dpr.

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×