kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN: Berita soal penyewaan genset yang mengatasnamakan PLN itu hoaks


Rabu, 04 September 2019 / 14:22 WIB
PLN: Berita soal penyewaan genset yang mengatasnamakan PLN itu hoaks
ILUSTRASI. Perawatan Instalasi Listrik

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyewaan atau jual beli generator set atawa genset oleh PLN menjadi perbincangan hangat beberapa waktu terakhir. Informasi itu tampak meyakinkan dengan beredarnya surat yang mengatasnamakan PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang. 

Penyewaan genset dalam surat itu juga terkait dengan adanya pemberitahuan pemadaman listrik bergilir di wilayah Jakarta.

"Terkait dengan hal tersebut di atas, kami berharap saudara mempersiapkan segala sesuatunya. Kami siap membantu jika saudara membutuhkan energi listrik yang bersifat mendesak dalam bentuk bantuan unit genset atau bantuan lainnya seperti sambungan darurat. Bantuan yang kami berikan bersifat dipinjamkan sampai dengan nyala kembali atau normal. Serta tidak dikenakan biaya (sudah termasuk BBM), jika persediaan unit masih ada. Seluruh pelaksanaan akan dikerjakan oleh petugas pelayanan teknik kami," demikian yang tertulis dalam surat itu. 

Baca Juga: PLN sudah tunaikan Rp 840 miliar untuk kompensasi ke pelanggan

Terkait hal itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya M Ikhsan Asaad mengatakan, surat pemberitahuan penyewaan atau jual beli genset serta pengumuman pemadaman bergilir di wilayah Jakarta itu hoaks atau tidak benar. Ikhsan mengatakan, PLN tidak pernah melakukan penyewaan atau transaksi jual beli genset kepada masyarakat. 

"Bagi pelanggan PLN yang mendapat surat penyewaan atau jual beli genset mohon untuk diabaikan. Itu adalah modus penipuan dari oknum tertentu," kata Ikhsan dalan keterangan tertulis, Selasa (3/9). 

Baca Juga: Cek tagihan listrik yuk, dana kompensasi Anda sudah masuk?

Ikhsan mengimbau masyarakat agar waspada terhadap informasi yang mengatasnamakan PLN. "Pelanggan yang menerima surat penipuan tersebut bisa mengkonfirmasi kebenarannya melalui contact center 123 atau mendatangi kantor PLN terdekat," ujar Ikhsan. Selain itu, terkait informasi pemadaman bergilir di wilayah Jakarta, Ikhsan menyebut informasi itu juga hoaks. 

Warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin mengetahui informasi pemadaman terencana atau gangguan listrik bisa mengakses https://pelita.plnjaya.co.id. "Informasi mengenai pemadaman terencana akan disampaikan melalui surat resmi kepada tokoh masyarakat setempat," ujar Ikhsan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hoaks, Informasi Penyewaan Genset yang Mengatasnamakan PLN
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Jessi Carina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×